Rabu, 04 Januari 2017

Lab 1 - Akses Mikrotik

LAB 1 – Akses Mikrotik

Untuk dapat mengakses mikrotik dapat menggunakan beberapa cara. Adapun caranya seperti yang dilist pada tabel di bawah ini.

Akses Via
CLI
GUI
Need IP
Serial Console
-
-
SSH
-
Telnet
-
Webfig
-
Winbox
-
FTP
-
-
MAC Telnet
-
-

Pada tabel di atas terdapat 7 cara untuk mengakses mikrotik ada yang menggunakan CLI,GUI bahkan kedua duanya serta ada yang membutuhkan IP Address. Pada lab kali ini kita akan fokus membahas akses via telnet, untuk mengakses via telnet kita perlu menggunakan putty.  Buka putty kemudian pilih telnet dan isikan ip mikrotik yang akan diremote atau akses.



Seperti ini viewnya jika kita menggunakan telnet. Untuk login user ‘’admin’’ password ‘’kosong’’.




Lab di atas kita akses mikrotik via telnet, sekarang via SSH. Untuk via SSH cara dan aplikasi yang dibutuhkan sama yakni putty, SSH menggunakan port 22.



Seperti ini viewnya saat kita akses melalui SSH.







Pada saat ini penggunaan SSH lebih banyak dari pada telnet karena SSH lebih secure alias lebih aman karena adanya enkripsi password.Akses mikrotik via telnet sudah ssh sudah, sekarang kita membahas akses mikrotik via webfig. Webfig hanya support untuk GUI saja karena webfig berjalan pada protocol TCP port 80 alias http. Selaint itu webfig tidak hanya bisa diakses melalui pc akan tetapi juga dapat diakses melalui mobile alias gadget. Buka web browser kemudian ketikkan ip mikrotik, isi user ‘’admin’’ password ‘’kosong’’.




Pada webfig hanya support untuk GUI saja, selain itu pada webfig ada beberapa bug sehingga penggunaan webfig kurang maksimal. Selain itu saat akses webfig biasanya hanya untuk download winbox.

Akses via ssh,telnet, dan webfig sudah, sekarang kurang akses via winbox. Winbox merupakan aplikasi yang support CLI ataupun GUI untuk konfigurasi, sehingga banyak user yang menggunakan winbox dari pada telnet,ssh, dan webfig.  Winbox bisa didownload pada www.mikrotik.com atau juga lewat webfig, caranya sama dengan lab 4, tinggal kita klik ‘’winbox’’ maka akan secara otomatis download.





Setelah itu kita buka winbox, pilih Neighbors atau “...” tunggu – pilih mac address – user ‘’admin’’ password ‘’kosong’’ – connect




Seperti ini viewnya. Oh ya saat ada peringatan remove configuration pilih remove configuration karena dapat menggangu konfigurasi kita, dan otomatis akan reboot lalu klik saja reconnect.






0 komentar:

Posting Komentar