Rabu, 04 Januari 2017

Lab 6 – Management Service, Mac Server, dan MNDP

Lab 6 – Management Service, Mac Server, dan MNDP

 Mikrotik juga memiliki service tersendiri, service yang dimaksud pada mikrotik adalah service untuk login ke mikrotik. Untuk itu kita harus melakukan management service untuk meminimalisir hacker. Pada umumnya service yang diizinkan adalah winbox dan ssh, selain itu kita juga harus merubah port yang ada karena port pada service adalah default.
Buka ip à service





Management Mac Server

Mac merupakan nomer identity perangkat. Mac terdiri dari bilangan hexadesimal dan yang dikelompokkan menjadi 6 yang dipisahkan oleh “:’’, contoh “AA:6D:90:D2:3A:2F”. Pada dasarnya Mac server aktif pada semua interface, jadi saat kita menghubungkan pc ke ether1, ether2 ataupun ether lainnya maka pc akan mendeteksi mac server.




Dalam dunia networking mac juga bisa menjadi ancama untuk itu kita perlu memanagement interface mana yang menggunakan mac server sesuai dengan kebutuhan kita.
Buka tools à Mac server à winbox/telnet



Sebelum kita disable, kita harus menambahkan interface yang mengaktifkan mac server terlebih dahulu.


Management MNDP

MNDP adalah singkatan Mikrotik Neighbor Discovery Protocol yang merupakan salah satu fitur mikrotik. MNDP berfungsi untuk mendeteksi mikrotik siapa saja yang terhubung dengan mikrotik kita. MNDP juga bisa menjadi celah untuk para hacker karena MNDP menggunakan MAC, IP sehingga bisa saja diremote.





Untuk itu kita perlu melakukan mangemenet terhadapa fitur ini sesuai kebutuhan kita. Secara umum interface yang mengarah ke internet atau isp akan didisable.
IP à neighbor à discovery







0 komentar:

Posting Komentar