Senin, 12 Desember 2016

Console vs VTY Pada Cisco Part 1

Console vs VTY Pada Cisco Part 1

Apasih console sama vty itu ??? console adalah port atau interface yang berada pada router maupun switch pada cisco, sedangkan vty itu adalah interface yang bersifat virtual alias virtual interface alias tidak ada jika dilihat secara langsung alias ghoib hahahaha :D :D :D,,,, trus fungsinya buat apa ??? fungsinya buat tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit ,nanti pada akhir artikel akan dijelaskan fungsinya.. ,,nah gimana ??? paham kan ??? nah gini aja deh langsung aja kita lakukan eksperimen, eh maksutnya ngelab biar kita paham. Pertama kita akan menggunakan console.

Pertama kita buat topologi seperti ini, oh iya pada topologi kali ini kita menggunakan ip address 192.168.10.0/24 loh !!!








Setelah itu kita konfigurasi ip address pada router, kemudian kita langsung konfigurasi consolenya.



Perhatikan baris ke-4, pada line console 0 , maksut dari 0 adalah urutan port console tersebut, pada dasarnya/defaultnya jumlah port console pada cisco adalah 1, dan diawali dengan 0



Sekarang ketikkan exit 3x sampai ke mode user atau seperti gambar di atas, nah gimana ada perbedaan apa tidak saat pertama kita mau config pada router ??? gambar di atas menunjukkan bahwa konfigurasi kita berhasil, dan isikan password sesuai dengan yang kita buat tadi.

sekarang kita konfigurasi client


Kemudian kita lakukan ping dan coba kita remote menggunakan telnet.









                                                                                      




Gimana,, sudah bisa kan ?????? sekian dulu tentang CONSOLE VS VTY, tentang vty akan kita bahas setelah ini, dan tentang perbedaanya akan ada di akhir nanti hahaha 

0 komentar:

Posting Komentar