Rabu, 18 Februari 2015

Perakitan Komputer



Sebelum memulai perakitan komputer, perlengkapan yang perlu disiapkan seperti : tang, obeng, kabel, sekrup, jumper, baut, driver dan program aplikasi. Dan juga harus diperhatikan mengenai kompatibilitas / kesesuaian dari komponen-komponen terhadap motherboard karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, RAM, port dan I/O bus yang berlainan.

Langkah-Langkah Merakit Komputer
1. Memasang Processor ke Motherboard
Alangkah baiknya sebelum motherboard dipasang ke casing, terlebih dahulu memasang processor karena akan lebih mudah cara memasangnya. Cara memasang processor ke motherboard yaitu :
·         Kita tentukan dulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lekukan.
·         Angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka
·         Sesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, kalau sudah lalu tekan processor ke dalam socket sampai rapat.
·         Kunci kembali dengan tuas pengunci.

2. Memasang Motherboard 
Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, lalu kunci dengan sekrup.

3. Memasang Heatsink
Setelah processor terpasang, lalu pasang heatsink supaya processor tidak panas. Heatsink ini diletakkan diatas processor dan diberi penahan supaya tidak lepas. Sebelumnya lapisi heatsink dengan Gel penghantar panas. Apabila heatsink anda adakipasnya/fan maka konektor power pada kipas/fan hubungkan ke motherboard.

4. Memasang RAM / Memori
Cara memasang Ram / modul memori yaitu : Buka dulu tuas penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan pada modul memori dengan lekukan pada slot. Kalau sudah pas lalu tekan dan pasang kembali tuas pengunci RAM / memori.
5. Memasang Power Supply
Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply sudah terpasang. Nah apabila power supply belum terpasang caranya memaangnya yaitu :
·         Letakkan power supply pada tempatnya yang ada dibelakang casing, lalu kunci dengan sekrup.
·         Pasang konektor power dari power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya.

6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

·     Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
·     Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
·         Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
·         Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
·         Hubungan kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang tersedia di casing komputer.

7. Memasang Drive
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :
·         Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
·         Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
·         Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
·         Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
·         Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

8. Memasang Card Adapter
Untuk Card Adapter yang bisanya dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

9. Tahap terakhir perakitan komputer
Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

10. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer
Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan program BIOS, caranya yaitu :
·       Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
·       Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer.
·       Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
·       Kalau sudah lalu simpan hasil settingan dan exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dengan urutan pencarian yang disesuaikan dengan settingan boot sequence pada Bios.
·       Masukkan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

11. Solusi bila terjadi masalah pada hasil perakitan komputer

·     Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
·     Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
·     Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belum ke slotnya.
·     Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.

Senin, 09 Februari 2015

Media Wirelless



Macam-Macam Media Wireless

     1. Infrared
                Infrared adalah sinar electromagnet yang panjang gelombangnyalebih dari pada cahaya Nampak antara 700 mm dan 1 mm.Jangkauan infrared sangat pendek karena memiliki radius dibawah 10 m.  Infrared dibedakan menjadi 3 daerah :
                a. Near Infrared               : 0,75-1,5 Nm
                b. Mid Infrared                 : 1,5 – 10 Nm
                c. Far Inrared                     : 10-100 Nm
Penerapan Infrared :
                a. Dalam dunia telekomunikasi   : sebagai media komunikasi yang menghubungkan 2 perangkat/pengendalian dari jarakmjauh
                b. Dalam dunia kesehatan            : Tercipta alat-alat kesehatan
Hasil gambar untuk teknologi infrared

      2. Bluetooth
                Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio 2,4 GHz untuk menghubungkan perangkat genggam (HP,PDA, Komputer, Printer, Dll) dengan jangkuan yang realtif pendek. Jangkauan maksimal 10 m dan dibedakan menjadi 3, berdasar jangkauan operasi :
·         Class 1 Device    : daya transmisi 100 mw, jangkauan 100 m.
·         Class 2 Device    : daya transmisi  1-1,25 mw, jangkauan 10 m.
·         Class 3 Device    : daya transmisim1 mw, jangukauan 0,1-10 m.
Bluetooth dirancang untuk mendukung aplikasi layana data & suara. Suatau Jenis saluran Synchronous Conection-Oriented (SCO) & Asynchronous Conection Less(ACL) digunkan untuk mendukung kela layanan tersebut.

      3. Wifi
                Wifi adalah sekumpulan standart yang digunakan untuk jaringan local nirkabel yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. jangkauan Wifi sampai dengan 125 m dengn kecepatan 11Mbps. Wifi biasa digunakan sebagai area hostpot yaitu area yang tersambung dengan internet tanpa kabel
Hasil gambar untuk wifi

      4.Wimax
                Wimax adalah teknologi wireless yang  jangkauannya setara dengan MAN( Metropolitan Area Network) dengan kecepratan transfer data sampai 70 Mbps. Teknologi ini biasanya diterapkan pada Negara-negara maju, tetapi penerpannya hamper sama dengan wifi namun jangkauan dan kecepatan lebih luas&cepat wimax.
Hasil gambar untuk wimax

Minggu, 08 Februari 2015

IP Address




Untuk mengatur alamat masing-masing komputer pada suatu jaringan, digunakanlah IP Address. IP Address adalah suatu alamat yang diberikan keperalatan jaringan komputer untuk dapat diidentifikasi oleh komputer yang lain. Dengan demikian masing-masing komputer dapat melakukan proses tukar-menukar data / informasi, mengakses internet, atau mengakses kesuatu jaringan komputer dengan menggunakan protokol TCP/IP. IP Address digunakan untuk mengidentifikasi interface jaringan pada host dari suatu mesin (komputer). IP Address terdiri dari sekelompok bilangan biner 32 bit yang dibagi menjadi 4 bagian.Masing-masing bagian terdiri dari 8 bit, yang berarti memiliki nilai desimal dari 0 sampai 255. Tiap 8 bit ini disebut sebaga ioktet.
IP Address dapat dipisahkan menjadi dua bagian, yaitu host ID dan network ID. Host ID berfungsi untuk mengidentifikasi host dalam suatu jaringan.Sedangkan Network ID berfungsi untuk mengidentifikasikan suatu  jaringan dari jaringan yang lain. Hal ini berart i seluruh host yang tersambung di dalam jaringan yang sama memiliki network ID yang sama pula. Sebagiandari bit-bit bagian awal dari IP Address merupakan network ID atau network number, sedangkan sisanya untuk host. Garis pemisahantara bagian network dan host tidak tetap (konstan), tergantung pada kelas network yang kita gunakan. Agar sebuah jaringan tersambung kita harus memperhatikan Network dan Host karena syarat jaringan agar bias digunkana adalah Network sama dan Host berbeda.
IP yang sering digunakan (commercial) sebagaiberikut :
Beradasarkankelas IP
1. KelasA : 10.---.---.---
2. KelasB : 172.16.---.---
3. KelasC : 192.168.---.--- dan 202.---.----.---
Kelas IP Addressada 5 yaitu:

KELAS A , Kelas A memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
Konsep           : Network.Host.Host.Host
Range IP        : 0-126
Subnet mask   : 255.0.0.0
Biner              : 11111111.00000000.00000000.00000000
Prefix             : /8
Jumlah Client          : 2563
KELAS B ,Kelas B memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
Konsep           : Network.Network.Host.Host
Range IP        : 128-191
Subnet mask   : 255.255.0.0
Biner              : 11111111.11111111.00000000.00000000
Prefix             : /16
Jumlah Client  : 2562
KELAS C,Kelas A memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
Konsep           : Network.Network.Network.Host
Range IP        : 192-223
Subnet mask   : 255.255.255.0
Biner              : 11111111.11111111.11111111.00000000
Prefix             : /24
Jumlah Client  : 256

Sedangkan kelas D dan E digunakan unutuk percobaan atau multicast.