Senin, 12 Desember 2016

Console vs VTY Pada Cisco Part 2

Console vs VTY Pada Cisco Part 2


Kemarin kan kita sudah bahas tentang console, sekarang saatnya kita bahas tentang vty, vty itu merupakan interface virtual yang berada pada router maupun switch. funsinya vty itu buat  tiiiiiiiit .Langsung aja kita ngelab, topologi yang digunakan sama dengan yang sebelumnya.

Masih ingat kan berapa ip address yang digunakan ?????? kalo gitu ini deh bocorannya 192.168.10.0/24



Lanjut kita konfigurasi ip address dan vty nya. Pada baris keempat vty 0 4 adalah interface virtual yang bisa diakes, tergantung berapa interface virtual yang akan kita gunakan, tapi default penggunaanya ada 5 yakni 0 sampai 4.



Ketikkan exit sampai 3x, sehingga kita berada pada mode user.


Sekarang kita konfigurasi client



Pastikan client bisa melakukan ping ke server dan coba remote router melalui telnet.

Gimana ?????? udah tau kan bedanya console sama vty ?????? jadi gini console itu diguanakan untuk akses atau user verivication ke router atau switch, selain itu console merupakan interface fisik atau interface yang bisa dilihat. Sedangkan vty merupakan interface virtual atau interface yang tidak terlihat dan digunakan untuk meremote router atau switch melalui telnet ataupun ssh.

Sekian artikel tentang perbedaan console dan vty, dan jangan lupa share ke temen-temen jika artikel ini bermanfaat. Salam dari admin kegiatanecahit.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar